♥ MENJAGA CAHAYA ZIKIR ♥

Sumber ; Biografi Spiritual Allamah Bahjat,

             Salah satu petunjuk Ayatullah Bahjat agar selalu berzikir adalah menjaga cahaya zikir yang berada di dalam hati. Kesinambungan menjaga sinarnya agar tidak redup dan mati itu membawa pesuluk sampai pada tingkat penyaksian secara sempurna.
Ayatullah Bahjat berpendapat, berterusan dalam mengingat Allah Swt pada selain aktivitas salat juga merupakan suatu keberkahan dari muraqabah salat wajib. Ketika menjawab pertanyaan saya mengenai zikir yang tak putus, ia berkata; 
” Perhatikanlah salat, jika salat dikerjakan dengan benar, segala sesuatu akan benar pula. Ketahuilah sesungguhnya segala amalan kamu itu mengikuti salatmu.”
Juga dikatakan, “Alat ukur itu adalah salat.”
Sebagaimana telah dijelaskan, pernyataan ini memiliki landasan Qurani, bahwa “mendekatkan diri” adalah manifestasi zikir paling sempurna, landasan terciptanya keberkahan Ilahi. Kunci kemunculannya disebabkan oleh zikir yang tak putus, hingga sampai pada tingkatan maqam ma’rifah syuhudi.
Dalam sebuah hadis, Nabi saw bersabda,  
” salat merupakan bagian syariat agama dan ada keridaan Allah didalamnya. Salat adalah jalan terang benderang para nabi as, bagi orang-orang yang dicintai para malaikat, yang mendapat petunjuk, keimanan dan cahaya kemakrifahan.”
Hadis yang dinukil dari Amirul mukminin as, berkaitan dengan tafsir “qad qaamatis shalah” menyatakan, 
“Telah tiba waktu ziarah dan bermunajat, pemenuhan berbagai hajat dan segala harapan, menuju sisi Allah Swt.”
Berdasarkan ini, jika memang benar-benar dilakukan, salat memiliki peranan tertinggi dalam membangun kehidupan manusia dan mengantarnya meraih Ma’rifah syuhudi.
Pertama ~ ♥  salat mengingatkan manusia dalam segala kondisi, menjauhkan berbagai macam keburukan dan najis.
Kedua ~ ♥ salat mengantarkan manusia kepuncak keyakinan, ke ma’rifah syuhudi, dan mengantar hati berziarah pada pencipta Alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s