♥ FILSAFAT SALAT ♥


♥~ Alhamdulillaahirabbil’alamiin ~ ” Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam ” ~ ♥
             Dan denga cara ini ia telah menyempurnakan bagian terpenting dari salatnya. Inilah pendahuluan dari Al-Quran (yang dibaca) dan juga disebut sebagai FATHIHATUL KITAB, pembukaan kitab.
Pendahuluan Al-Quran seperti pendahuluan setiap buku, menunjukkan semua esensi seluruh kandungan kitab suci. Sebagaimana salat adalah ringkasan dari gambaran Islam, dan mewakili berbagai parameter atau dimensi ajaran Islam; demikian juga Surah Al-Fatihah, ia berisi pokok-pokok penting dan arahan pendidikan Al-Quran yang sesungguhnya dan mengandung ringkasan pedoman sebagai berikut;
~ Alam semesta beserta mahkluk atau species merupakan satu kesatuan tunggal secara total diciptakan Allah Swt. 

 ” Tuhan semesta alam.” Setiap orang dan segala sesuatu berada dibawah kebaikan dan rahmat Allah. Namun orang beriman diberkahi dengan nikmat khusus. “Maha pengasih dan Maha Penyayang”
~ Kehidupan manusia setelah masa di dunia ini masih berlanjut yaitu di akhirat, dimana otoritas mutlak hanyalah milik Allah. ” Pemilik Hari Pengadilan.” Manusia harus membebaskan dirinya dari penghambaan kepada selain Allah. Harus berusaha hidup dibawah naungan skenario Allah dengan kebulatan tekad serta kebajikan manusiawi, dengan kebebasan, martabat seraya memohon pertolongan hanya kepada-Nya. ” Hanya kepada-Mu kami menyembah. Hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.”
Manusia harus menciptakan program bagi kemakmuran dan keberhasilan saat berjalan di atas jalan Allah yang lurus. “Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.”
Manusia harus mengetahui langsung digaris depan siapa musuh dan siapa kawan mereka yang sesungguhnya. Ia juga harus mengetahui berbagai pandangan dan posisi mereka. Harus berhati-hati memilih jalannya sendiri. “Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka. Bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan jalan mereka yang sesat.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s